• Contact Information

    Sanken SWH Indonesia, Inc.

    Jl. Melati VII No. 1

    Jakarta Timur

    Phone: 082126563006

    Email: marketing@smartwaterheaters.com

    Web: www.smartwaterheaters.com

  •  
  •  
Jenis – Jenis Pemanas Air

Jenis – Jenis Pemanas Air

Pada awalnya, pemanas air (water heater) lebih banyak digunakan pada negara-negara yang beriklim dingin. Namun, kini negara-negara tropis seperti di Indonesia pun mulai marak menggunakan water heater karena masyarakat menyadari akan bayaknya manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan air panas pada water heaters.

Ada berbagai jenis dari Pemanas Air, berikut sekilas mengenai jenis Pemanas Air yang beredar dipasaran:

1. Pemanas Air Gas

Pemanas air gas (gas water heater) mempunyai bentuk persegi yang tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil. Ciri-ciri dari pemanas air jenis ini adalah terdapatnya lubang silinder yang berada diatas pemanas air yang berfungsi untuk membuang asap hasil pembakaran.

Pada intinya, prinsip kerja dari pemanas air gas hampir sama ketika Anda memasak air dengan menggunakan kompor gas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan memasang gas water heater adalah ventilasi udara di dalam kamar mandi tersebut. Hal ini untuk mencegah jika sewaktu-waktu gas bocor sehingga aliran udara mengalir ke luar ruangan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda meminta bantuan orang yang berpengalaman ketika akan melakukan proses pemasangan pemanas air jenis ini terutama untuk di kamar mandi.

2. Pemanas Air Listrik

Sesuai dengan namanya, pemanas air jenis ini bekerja dengan menggunakan tenaga listrik, yang notabene sekarang cost-nya kian hari kian meningkat. Ada 2 jenis pemanas air yang menggunakan suplai listrik, pemanas air listrik dengan tangki dan pemanas air listrik tanpa tangki (tankless).

a) Pemanas Air Listrik dengan Tangki

Ciri-ciri pemanas air listrik dengan tangki (Tank Electric Water Heater) adalah bentuknya yang besar, biasanya berbentuk bulat horizontal atau vertikal. Cara kerja dari pemanas air ini sederhana, bentuknya yang bulat dan besar itu merupakan tangki air untuk menyimpan cadangan air panas yang belum terpakai. Oleh karena itu bagi yang menggunakan pemanas air jenis ini bisa menikmati air panas sejak detik pertama air dialirkan.

Jika air yang berada didalam tangki dalam waktu lama tidak dipakai, perlahan-lahan airnya mendingin. Guna menjaga suhu agar tetap panas, maka ketika mulai mendingin, pemanas airnya akan kembali hidup untuk memanaskan air yang ada didalam tangki agar mencapai suhu tertentu. Begitu seterusnya berulang-ulang sehingga menggunakan pemanas air jenis ini umumnya lebih boros biaya listrik.

b) Pemanas Air Listrik tanpa Tangki

Pemanas Air Listrik tanpa Tangki (Tankless Electric Water Heater) berbentuk kecil, lebih elegan dan mudah dalam pemasangannya. Namun yang perlu diperhatikan adalah pemanas air jenis ini mengkonsumsi listrik sangat besar, dapat mencapai 2.000 Watt. Konsumsi listrik yang sangat besar tersebut dikarenakan pemanas air jenis ini tidak mempunyai cadangan air panas siap pakai, maka air yang dipanaskan merupakan air dingin dari keran setelah keran dibuka. Tankless Electric Water Heater memerlukan daya besar hingga 2.000 Watt yaitu agar bisa menyediakan air panas secepat mungkin begitu diperlukan. Memang ada pemanas air yang hanya mengkonsumsi energi sebesar 350 atau 500 Watt, tetapi air panas yang akan dihasilkannya memakan waktu yang cukup lama. Semakin besar Daya yang Anda gunakan untuk Pemanas Air Listrik tanpa Tangki ini, maka semakin cepat pula pemanasan yang dilakukannya, begitu pula sebaliknya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan pemanas air jenis ini adalah tersedianya alat pengaman listrik. Selain itu, agar pemakaian listrik tidak terlalu boros, thermostat dapat diatur agar tidak terlalu panas sehingga pemanas air juga tidak bekerja terus-menerus. Untuk menghindari risiko tersengat listrik, Anda dapat memasang antikontak di pemanas air jenis ini.

3. Pemanas Air Tenaga Surya

Jenis pemanas air yang lainnya adalah Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater). Pemanas air jenis ini mengandalkan panas matahari untuk memanaskan airnya. Itu mengapa pemanas air jenis ini selalu menyertakan tangki yang sangat besar di setiap unitnya. Tangki tersebut berguna untuk menyimpan cadangan air panas yang akan digunakan.

Cara kerja pemanas air tipe ini adalah menggunakan prinsip penyerapan tenaga matahari.Solar Water Heater dapat menjadi cara yang efektif untuk menghasilkan air panas dirumah Anda. Alat ini juga dapat digunakan dalam iklim apapun, dan bahan bakar yang digunakan merupakan bahan bakar terbarukan yaitu sinar matahari bebas.

Pemanas Air Tenaga Surya merupakan sistem yang didesain untuk menghadirkan air panas sepanjang tahun. Sekali terpasang, pemanas air jenis ini juga nyaris tanpa perawatan dan tidak keluar biaya operasional apapun lagi karena cukup disinari matahari. Namun, di musim hujan kadang panas matahari yang diperoleh tidak dapat mencukupi untuk memanaskan air. Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, Solar Water Heater merupakan alat yang telah didesain dengan tekhnologi mutakhir sehingga jika hal tersebut terjadi sistem masih bisa memanaskan air dengan menggunakan backup listrik. Selain itu, inovasi teknis pada alat ini telah meningkatkan kinerja, lama pakai sistem, dan kemudahan dalam penggunaannya.

Desain yang sangat cocok untuk iklim tropis dapat dianggap sebagai teknologi tepat guna bagi negara-negara tropis seperti Indonesia.

4. Pemanas Air Penukar Panas AC

Pemanas Air Penukar Panas AC (Heat Exchanger Water Heater) merupakan pemanas air yang sumber panas nya berasal dari udara panas yang dihembuskan oleh compressor AC rumah. AC rumah mengandalkan compressor untuk memompakan freon yang mengembun dan udara panas yang dihasilkan dari proses tersebut dibuang oleh compresor keluar. Prinsip kerja Heat Exchanger Water Heater ini adalah mengumpulkan panas yang dibuang oleh compressor kemudian dialirkan ke tangki penyimpanan air untuk memanaskan air disana.

Pemanas air jenis ini tidak ada yang dijual “ready for use”, artinya perlu dirakit sendiri sesuai dengan yang dibutuhkan. Namun repotnya tidak banyak orang yang mengerti cara kerja dan teknik pemasangannya sehingga tidak mudah mencari tukang yang bisa langsung pasang. Selain itu perlu juga mempertimbangkan faktor jarak antara compressor ke tangki penyimpanan serta jarak ke kamar mandi. Hal tersebut dikarenakan sifat rambatan panas yang cepat hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*